10 Teknik Dasar Sepak Bola Serta Penjelasan Dan Cara Melakukannya

Tak perlu di ragukan lagi bahwa sepakbola merupakan salah satu olahraga yang di gemari banyak orang di dunia, bahkan sudah di sebut sebagai uang terpopuler di indonesia. Hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masih-masing.

Namun, negara-negara Eropa telah menjadi kerajaan bagi sepak bola, dimana setiap pemain sepak bola ingin bermain disana. Bahkan tim-tim besar Eropa seperti Manchester United,Barcelona dan Juventus memiliki fan based yang masif dan fanatik di seluruh dunia.

Kini sepak bola telah membudata di masyarakat.Hal ini dapat dilihat fanatisme pendukung terhadap tim sepak bola yang mereka kagumi, serta euforia yang sudah terbentuk seperti mengharuskan seseorang unutk bisa bermain sepak bola
Berikut teknik dasar sepak bola dan penjelasannya.


1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)


Ini Salah satu teknik dasar yang wajib kamu harus kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kakimu segaligus mengontrol pergerakan arah bola.

 A. Speen Dribbling dan Closed Dribbling.
Dalam dribbling dikenal teknik Speed dribbling dimana kami berlari,membuang bola ke depan, dan mengjeratnya. Selain itu , ada pula Closed Dribbling. Teknik ini di lakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan seksama, dan dapat di lakukan ketika sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.
Selain itu, terdapat tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu menggiring dengan punggung kaki, kaki di bagian dalam , dan kaki di bagian luar.

B.Menggiring Dengan Punggung Kaki
Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan :
* pandangan mata harus ke depan.
* Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola
*Dorong bola dengan punggung kaki mu.
*Lakukan beberapa kali, Kemudian hentikan dengan telapak kaki

C. Menggiring Dengan Kaki Bagian Dalam.
Terknik kedua, menggiring dengan kaki bagian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara :
*Pandangan lurus ke depan.
*Putar pergelangan kaki keluar.
*kemudian mulai dorong bola dengan kaki
*lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan kakimu

D. Menggiring Dengan Kaki Bagian Luar
Terknik terakkhir, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
Namun,kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu dalam, dan dorong bolanya.


2 Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik selanjutnya yang kamu perlu kuasai adalah teknik menendang. Teknik ini berguna untuk membobol gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik passing yang akan di bahas setelah ini.

Kamu bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu dengan menggunakan kaki luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketika teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara fokuskan pandangan mu pada sisi gawang mana yang terjadi tergaret, posisikan badan, taruh satu kaki kiri kanan pada samping bola.
Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kai dan pandang ke arah yang di tergetkan.

3. Teknik Mengoper Bola (Passing)

Teknik ini akan lebih berguna dibandingkan teknik Dribbring yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Kamu memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper ) yang siap untuk membantu satu sama lain.

Passing akan sangat efektif untuk menebus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara Passing pendek, panjangatau Trough Pass, dan jauh, yang dikenal dengan sebutan umpan lambung.
Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper,kemudian tarik dan ayukan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kami sesuai jarak pemian yang akan dioper.

4. Teknik Menghentikan Bola

Setelah mempelajari tiga teknik dasar atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu. Kamu yang juga perlu menggunakan kaki, dada,dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki kami bisa menggunakan kaki bagian luar,dalam,telapak,dan punggun.

A. Menghentikan Bola Dengan kaki
caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudan hentuikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menajaganya dari gangguan musuh.

B.Menghentikan Bola Dengan Dada
Kemudian, untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bolanya.

C. Menghentikan Bola Dengan Paha.
Selanjutnya, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sema seperti cara menghentikan bola lainnya, namn ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakan agar bola dapat jatuh sempurna di hadapanmu.

5 Teknik Menyundul Bola ( Heading )

Teknik ini akan kamu guakan ketika kamu tidak bisa menggapai bila yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing. untuk melakukan Teknik ini, kmu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat menyambut bola.
Kemudian gunakan lah dahi untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

6. Teknik Merebut Bola ( Intercepting )

Teknik dasar ini juga bisa di sebut dengan Intercepting. Teknik ini berguna ketika ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan itu, Kamu perlu membaca pergerakan lawan.
Atau kamu juga menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, Rebut bolanya bukan kakinya, bisa bisa kena kartu kuning di karenakan pelanggaran oleh wasit, maka dari itu kamu perlu pintar membaca pergerakan lawan.

7. Teknik Menyapu Bola

Teknik ini juga merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namu, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena berisiko besar, kamu bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan karu peringatan. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut.


8. Teknik Lemparan ke Dalam

Teknik ini akan kamu gunakan ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar dari sisi kiri maupun kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini,kamu perlu melempar bola dengan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepala.
Dalam melakukan lemparan dalam ini, kamu juga bisa menjinjitkan kakimu agar lemapran lebih bertenaga dan teman satu tim bisa mendapatkan bola tesebut.


9. Teknik Menangkap Bola (Goal Keeping) 

Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.
Kamu pelu melatih reflek menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power kuat.


10. Teknik Juggling Bola

Teknik dasar sepak bola yang paling terakhir adalah teknik Juggling bola. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh lapangan.
Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan teknik ini adalah pertama kefokusan pandang mu ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Ketikka bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat. Tertao fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.




Itu lah 10 teknik dasar sepakbola yang perlu kamu latih hingga mahir bermain bola. Tentunya jangan pernah lupakan teknik dasar, karena hal ini lah yang akan terus terpakai ketika kamu bermian bola, selain itu juga merupakan pondasi bagi kamu agar menjadi pemain sepak bola yang kuat dan hebat.



10 Teknik Dasar Sepak Bola Serta Penjelasan Dan Cara Melakukannya 10 Teknik Dasar Sepak Bola Serta Penjelasan Dan Cara Melakukannya Reviewed by Prediksi Bola Luar Dan Dalam Negri on April 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar