Tugas Wasit Sepak Bola Dan Posisinya

Wasit tentunya sudah bukan peran yang asing lagi bagi kita, terutama bila kita mencintai yang mencintai Olahraga seperti sepakbola. Dalam permainan sepak bola terutama pada pertandingan yang Formal, wasitlah yang menentukan pengatur pertandingan di lapangan. Hak penuh dimiliki oleh wasit selama pertandingan dimulai.
Bahkan Federasi Internasional Sepak Bola atau FIFA pun memberikan perlindungan penuh bagi wasit karena FIFA sendiri pun merupakan lembaga paling tinggi akan sepak bola dunia. Pertandingan yang Formal tak akan komplit dan teratur tanpa kehadiran wasiat, maka dari itu tugas wasit sepakbola sangatlah penting dan sangat menentukan.
Berikut adalah tugas Wasit berserta posisinya yang akan kami berikan.

1. MENJAGA DAN MENJALANKAN PERATURAN SAAT PERMAINAN.

Adanya Wasit tentunya Bukan tanpa alasan akrena pada dasarnya wasitlah yang selalu menhaga dengan ketat peraturan-peraturan yang berlaku pada permainan, wait yang selalu menjaga dengan ketat peraturan permaiann dalam pertandingan sepak bola. Menjaga agar setiap pemain mengikuti peraturan dengan benar adalah yang paling utama sehingga pertandingan berjalan aman, terkendali dan adil bagi kedua tim yang sedang bertanding dan tidak merugikan satu sama lain.

2. MEMBERI ISYARAT SUPAYA PERTANDINGAN DIMULAI

Tanpa wasit pertandingan tidak akan bisa dimulai karena tugas wasit jugalah untuk memberikan isyarat agar pertandingan segara dimuali. Bukan hanya dalam memulai pertandingan di awal tapi juga untuk memulai kembali pertandingan yang kiranya sempat terhenti.

3. MEMUTUSKAN PERSELISIHAN DAN GANGGUAN PERTANDINGAN

Sudah jelas peraturan sepak bola seperti apa, namun ada saja pemain usil dan pengganggu. Bahkan tak jarang juga satu klub atau tim yang berselisih dengan anggota tim lainnya sehingga pada akhirnya wasitlah yang harus turun tangan.
Tanpa wasit, bisa di bayangkan bagaimana pertandingan akan bisa dimulai, Gangguan maupun perselisihan dapat berlanjut dan mengacaukan isi pertandingan. Kerugian bisa terjadi apabila wasit tidak bertindak secara cepat dan adil. Maka dari itu, wasit akan memutuskan setiap perselisihan maupun gangguan yang terjadi antara masing-masing tim suopaya tidak terjadi permusuhan yang berlanjut dan menjadi semakin serius.

4. MENCATAT SELURUH KEJADIAN SELAMA PERTANDINGAN

Selama berlangsungnya permainan, wasit jugalah yang bertugas utama untuk mencatat apa-apa saja yang terjadi dalam pertandingan tersebut. Seluruh kejadian selama permainan ada pada catatan wasit karena wasit merupakan seorang pemimpin pertandingan sepak bola. Membuat catatan adalah salah satu tanggung jawab utamanya sehingga perlu mengawasi secara ketat pertandingann yang sedang berlangsung.

5. MENYELESAIKAN PELANGGARAN

 Sebuah pertandingan sepak bola kerap kali tak lepas dari yang namaya pelanggaran, dimana pelanggaran itu dibuat oelh salah satu atau kedua tim yang tengah bermain dilapangan. Hal dan kewajiban wasitlah untuk memutuskan sekaligus menyelesaikan setiap adanya pelanggaran yang ada pada waktu pertandinga.
Seorang wasit diberikan kekuasaan penuh dan bahkan tidak terbatas untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan jalannya pertandingan. Ia pun memiliki hak penuh untuk menghentikan pertandingan apabila memang pelanggaran sedang terjadi. Hak dan kewajiban satu ini adalah milik wasit utama sepenuhnya dan bukan pada asisten wasit.

6. BERHAK MENGELUARKAN PEMAIN JIKA MELAKUKAN PELANGGARAN BERAT.

Pasti dalam sebuah pertandingan anda pernah menonton bagaimana seorang wasit mengeluarkan pemainnya dalam dari lapangan pertandingan. Tentunya bukan sembarangan pemain yang dputuskan oleh wasit untuk meningglkan lapangan saat pertandingan sedang berjalan. Seallau ada alasan bagi wasit dalam mengeluarkan pemain dari lapangan pertandingan karena wasit selalu mengawasi semua kejadian.
Seorang pemain atau lebih bisa dikeluarkan dari lapangan pertandingan apabila menurut wasit pemain tersebut telah melakukan pelanggaran yang tergolong berat. Biasanya yang langusng dikeluarkan adalah pemain yang mampu membahayakan orang lain. pemain-pemain yang berlaku kasar, curang bahkan mengeluarkan kata-kata kasar tidak sipan dan tidak senonoh yang pada umumnya langsung dikeluarkan oleh wasit.

7. MENENTUKAN KELAYAKAN BOLA

Hak penuh juga dimiliki oleh wasit untuk menentukan apakah bola yang akan dipakai dalam pertandingan merupakan bola yang layak atau tidak. Wasit biasanya akan emmeriksa apakah bola sudah memenuhi syarat atau tidak untuk digunakan dalam pertandingan. Wasit yang memberikan keputusan tentang apakah bola bakal digunakan atau tidak.

8. MENENTUKAN KELAYAKAN LAPANGAN.

Selain dari bola, wasit juga memiliki tugas untuk menentukan apakah sebuah lapangan sudah memenuhi syarat atau belum untuk digunakan sebagai temapat bertandin. Jadi, memang wasitlah yang memiliki hak penuh untuk memutuskan berbagai hal, bahkan termasuk penggunaan lapangan yang sudah memenuhi syarat atau belum.

9. MENENTUKAN GOL

Mungkin  Anda pernah menonton di televisi atau saaat pertandingan sepak bola secara langsung akan adanya keraguan bahwa bola yang ditendang sebenarnya melewati garis gawang atau tidak. Gol atau tidak ? pertanyaan tersebut tekkadang dapat muncul jika memang terjadi gerakan yang kurang jelas saat seorang pemainn atau beberapa pemain mencetak gol.
Ada pula kasus di mana bola mengenai tiang gawang dan memantul; tidak begitu jelas apakah melewati garis atau tidak. Tugas wasit jugalah untuk menentukan apakah bola tersebut memang dianggap masuk atau tidak masuk. Dalam hal mencetak gol pun wasit punya andil dan hak penuh dalam memutuskan apakah sebuah tendangan ke arah gawang menghasilkan gol atau tidak.


Posisi Wasit Sepak Bola


Pada saat permulaan pertandingan, di awal ada tendangan permulaan dan wasit ada pada tendangan permulaan di tengah di antara kedua tim. Wasit utama biasanya akan bergerak ikut dengan garis diagonal A-B menyesuaikan dengan arah serangan.

Posisi saat Tendangan Sudut

Wasit pada umumnya akan berada di samping tiang gawang ketika pemain hendak melakukan tendangan sudut. Di daerah manapun, posisi wasit akan sama saja yakni di titik potong antar garis gawang dan garis tendangan penalti. Dari posisi tersebutlah wasit akan dengan mudah mengawasi pelanggaran yang kemungkinan dibuat oleh pemain. Bahkan ada pula pelanggaran yang tak terlihat, namun pada posisi tersebut, biasanya wasit mampu menangkap adanya kejanggalan pelanggaran oleh pemain.

Posisi saat Tendangan Gawang

Wasit akan berada di tengah lapangan, lebih tepatnya di sebelah titik tengah dari diagonal. Sementara itu, hakim garis bertugas mengawasi pelaksanaan pengambilan tendangan gawang dengan mengambil posisi berdiri sebaris dengan garis area tendangan penalti. Ada pula hakim garis kedua yang bersiap dengan posisi sebaris dengan pemain penahan kedua terakhir.

Posisi saat Tendangan Penalti

Pada waktu akan tendangan penalti, posisi pemain sepak bola kedua tim kecuali pemain yang akan menendang dan juga penjaga gawang merada di luar area kotak penalti. Sementara itu, posisi wasit yang terpenting adalah dapat membantunya melihat secara cermat akan tendangan yang dilakukan oleh si pemain yang sudah siap atau berancang-ancang.

Pada area tendangan penalti, tak ada seorang pun yang boleh berada di sana apalagi memasukinya ketika akan berlangsung tendangan penalti. Wasit memiliki peran penting bahkan dalam tendangan penalti karena ialah yang memutuskan dan mengesahkan gol yang dibuat oleh pemain satu per satu ke gawang lawan.

Itulah sedikit informasi mengenai tugas wasit sepak bola berikut juga posisinya pada setiap acara tendangan. Wasit utama pada umumnya bakal dibantu juga oleh asisten wasit atau penjaga garis. Penjaga garis atau asisten wasit ini biasanya akan membantu memberikan pendapatnya kepada wasit utama tentang permasalah dalam pertandingan.

Hanya saja, asisten wasit hanya akan memberikan pendapat ketika wasit utama sendiri yang memintanya. Wasit utama tentu akan kewalahan bila bekerja sendiri mengawasi 22 pemain, oleh karena itu asisten wasitlah yang akan menarik perhatian wasit apabila ada terjadi permainan yang kasar dan tak terlihat oleh wasit utama.


Tugas Wasit Sepak Bola Dan Posisinya Tugas Wasit Sepak Bola Dan Posisinya Reviewed by Prediksi Bola Luar Dan Dalam Negri on Mei 07, 2019 Rating: 5

2 komentar

  1. Makasih gan infonya saya jadi paham.
    www.tokoumpan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua yahh :)

      Hapus